Evaluasi Tingkat Kepuasaan Pasien Diabetes Mellitus Terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) Di Puskesmas Lemahabang Karawang

Latifah, Yuliana (2022) Evaluasi Tingkat Kepuasaan Pasien Diabetes Mellitus Terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) Di Puskesmas Lemahabang Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE COVER-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
1. FILE COVER-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
3. DAFTAR ISI-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 4. BAB I-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
4. BAB I-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 5. BAB II-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
5. BAB II-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[thumbnail of 6. BAB III-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
6. BAB III-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 7. BAB IV-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
7. BAB IV-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of 8. BAB V-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
8. BAB V-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf] Text
10. LAMPIRAN-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian pada saat ini telah berubah dari pelayanan kefarmasian (drug oriented) menjadi pelayanan pasien (patient oriented) yang mengacu pada pelayanan kefarmasian (pharmaceutical care). Pelayanan Informasi Obat adalah kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian untuk memberikan informasi yang akurat, jelas dan terkini kepada pasien, dokter, apoteker dan tenaga kesehatan lainnya. Kepuasan pasien merupakan suatu kondisi di mana keinginan, harapan, dan kebutuhan dapat terpenuhi, apabila Puskesmas mampu menyediakan pelayanan yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan pasien, maka akan dapat meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di instalasi farmasi Puskesmas Lemahabang Karawang. Metode penelitian ini berupa deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 120 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 103 orang responden yang menebus obat diabetes mellitus di Puskesmas Lemahabang Karawang. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada 88 responden. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien diabetes mellitus terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Lemahabang mendapatkan hasil sebanyak (85,1%). Maka dapat disimpulkan bahwa Puskesmas Lemahabang Karawang termasuk kedalam kategori sangat puas. Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan Informasi Obat Diabetes Mellitus, Puskesmas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 13 Jan 2025 07:59
Last Modified: 13 Jan 2025 07:59
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2398

Actions (login required)

View Item
View Item