Latifah, Yuliana (2022) Evaluasi Tingkat Kepuasaan Pasien Diabetes Mellitus Terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) Di Puskesmas Lemahabang Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. FILE COVER-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 1. FILE COVER-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. FILE COVER-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Download (503kB)
![2. FILE ABSTRAK-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 2. FILE ABSTRAK-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. FILE ABSTRAK-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Download (413kB)
![3. DAFTAR ISI-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Download (412kB)
![4. BAB I-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 4. BAB I-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Download (441kB)
![5. BAB II-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 5. BAB II-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (504kB)
![6. BAB III-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 6. BAB III-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Download (481kB)
![7. BAB IV-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 7. BAB IV-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
![8. BAB V-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 8. BAB V-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Download (396kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Download (436kB)
![10. LAMPIRAN-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN-220027-18416248201120-Yuliana Latifah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (908kB)
Abstract
Pelayanan kefarmasian pada saat ini telah berubah dari pelayanan kefarmasian (drug oriented) menjadi pelayanan pasien (patient oriented) yang mengacu pada pelayanan kefarmasian (pharmaceutical care). Pelayanan Informasi Obat adalah kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh tenaga kefarmasian untuk memberikan informasi yang akurat, jelas dan terkini kepada pasien, dokter, apoteker dan tenaga kesehatan lainnya. Kepuasan pasien merupakan suatu kondisi di mana keinginan, harapan, dan kebutuhan dapat terpenuhi, apabila Puskesmas mampu menyediakan pelayanan yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan pasien, maka akan dapat meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di instalasi farmasi Puskesmas Lemahabang Karawang. Metode penelitian ini berupa deskriptif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 120 orang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 103 orang responden yang menebus obat diabetes mellitus di Puskesmas Lemahabang Karawang. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada 88 responden. Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien diabetes mellitus terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Lemahabang mendapatkan hasil sebanyak (85,1%). Maka dapat disimpulkan bahwa Puskesmas Lemahabang Karawang termasuk kedalam kategori sangat puas. Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan Informasi Obat Diabetes Mellitus, Puskesmas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:59 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 07:59 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2398 |