Iqbal, Riski Maolana (2023) Analisis Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di UMKM Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga. Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. FILE JUDUL_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 01. FILE JUDUL_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. FILE JUDUL_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Download (891kB)
![02. FILE ABSTRAK_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 02. FILE ABSTRAK_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. FILE ABSTRAK_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Download (454kB)
![03. DAFTAR ISI_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 03. DAFTAR ISI_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. DAFTAR ISI_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Download (853kB)
![04. BAB_I_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 04. BAB_I_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. BAB_I_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Download (1MB)
![05. BAB_II_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 05. BAB_II_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. BAB_II_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![06. BAB_III_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 06. BAB_III_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. BAB_III_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Download (2MB)
![07. BAB_IV_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 07. BAB_IV_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. BAB_IV_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
![08. BAB_V_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 08. BAB_V_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. BAB_V_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Download (420kB)
![09. DAFTAR PUSTAKA_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 09. DAFTAR PUSTAKA_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. DAFTAR PUSTAKA_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Download (1MB)
![11. LAMPIRAN_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf [thumbnail of 11. LAMPIRAN_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. LAMPIRAN_230090_19416226201229_Riski Maolana Iqbal.pdf
Download (8MB)
Abstract
Upaya peningkatan kualitas produk pada UMKM KWT Kenanga merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar tidak terjadinya kerugian. Salah satu faktor yang menentukan kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan mengenai kualitas produk, dimana berfokus pada empat dimensi kualitas yaitu Reability (kehandalan), Durability (daya tahan), Serviceability (kemampuan pelayanan), dan Features (keragaman produk). Metode yang digunakan dalam peningkatan kualitas produk adalah metode QFD dan ISM. Tujuan dari dua metode tersebut yaitu untuk meningkatkan kualitas produk serta dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pengambilan keputusan dalam melakukan pengendalian strategi kualitas produk yang menjadi prioritas. Hasil menunjukkan bahwa pada metode QFD diketahui kepuasan pelanggan terhadap membeli kerupuk kencur masih belum memuaskan, karena dapat diketahui bahwa dari empat dimensi dengan sepuluh atribut yang diukur rata-rata memiliki nilai kesenjangan (gap) hasilnya negatif, dimana nilai rata-rata gap skor tertinggi yaitu pada dimensi Reliability (kehandalan) sebesar -0,385, sedangkan untuk nilai rata-rata gap skor paling rendah yaitu pada dimensi Durability (daya tahan) sebesar -0,17. Kemudian terdapat 6 aksi perbaikan yang perlu di analisis menggunakan metode ISM. Hasil dari metode ISM menunjukkan bahwa dari model ISM dan model MICMAC, dapat diketahui bahwa terdapat level yang paling tinggi dan kuadran yang harus dilakukan prioritas perbaikan yaitu E2 dan E3, artinya kedua perbaikan tersebut perlu dilakukan prioritas terlebih dahulu. E2 merupakan perbaikan untuk melakukan controlling setiap proses penggorengan kerupuk kencur, dan E3 meruapakan perbaikan waktu proses penggorengan perlu diperhatikan agar kualitas tingkat kematangan lebih baik.
Kata kunci: ISM, kepuasan pelanggan, Kualitas produk, QFD
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 08 Feb 2025 01:57 |
Last Modified: | 08 Feb 2025 01:57 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3513 |