Selvia, Ega (2020) Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Holistic Purwakarta. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Download (434kB)
![2. ABSTRAK_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Download (431kB)
![3. DAFTAR ISI_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Download (400kB)
![4. BAB I_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 4. BAB I_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Download (416kB)
![5. BAB II_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 5. BAB II_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB)
![6. BAB III_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 6. BAB III_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Download (507kB)
![7. BAB IV_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (637kB)
![8. BAB V_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 8. BAB V_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Download (392kB)
![9. Daftar Pustaka_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Download (421kB)
![10. Lampiran_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_200059_16416248201055_Ega Selvia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (810kB)
Abstract
Pelayanan kefarmasian di rumah sakit merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien. Penelitian dengan judul “Evaluasi kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi rumah sakit holistic purwakarta” latar belakang penulis melakukan penelitian ini karena kepuasan pasien telah menjadi indikator penting kualitas pelayanan kesehatan untuk menjaga hubungan dengan penyedia pelayanan kesehatan terutama di instalasi farmasi dari rumah sakit masih mengalami masalah tentang ketidakpuasan pasien rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian pada sarana prasarana, kecepatan pelayanan, keramahan petugas, komunikasi, informasi dan edukasi di Instalasi Farmasi rumah sakit Holistic Purwakarta. Penelitian ini secara deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan alat ukur kuisioner. Untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menggunakan metode pengolahan data Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sesuai keputusan menteri pendayagunaan aparatur negara no.25 tahun 2004. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pasien merasakan sangat puas terhadap sarana prasarana dengan nilai IKM 3,45 mutu pelayanannya A, pasien merasa puas dengan kecepatan pelayanan dengan nilai IKM 2,97 mutu pelayananya B, pasien merasa puas dengan keramahan petugas dengan nilai IKM 3,24 mutu pelayananya B, serta pasien merasa puas pada komunikasi, informasi dan edukasi dengan nilai IKM 3,01 mutu pelayanannya B. Peneletian ini dapat disimpulkan bahwa semua indikator pasien merasa puas. Kata kunci: Pelayanan kefarmasian, Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 10:11 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 10:11 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/912 |