Anggiany, Renieta (2019) Pendekatan Penerapan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Nagasari I Karawang Barat (Studi Perencanaan Tindakan Kelas (PTK) Pada Kelas II SD Negeri Nagasari I Karawang Barat Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. cover_190101_15416286206148_Renieta Anggiany.pdf
Download (718kB)
2. abstrak_190101_15416286206148_Renieta Anggiany.pdf
Download (603kB)
3. BAB I_190101_15416286206148_Renieta Anggiany.pdf
Download (610kB)
4. BAB II_190101_15416286206148_Renieta Anggiany.pdf
Restricted to Registered users only
Download (701kB)
5. BAB III_190101_15416286206148_Renieta Anggiany.pdf
Download (653kB)
6. BAB IV_190101_15416286206148_Renieta Anggiany.pdf
Restricted to Registered users only
Download (711kB)
7. BAB V_190101_15416286206148_Renieta Anggiany.pdf
Download (695kB)
8. DAFTAR PUSTAKA_190101_15416286206148_Renieta Anggiany.pdf
Download (328kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Nagasari I Karawang Barat melalui Realistics Mathematic Education (RME) mengalami peningkatan. Pembelajaran siklus I dan II, peneliti menggunakan masalah yang berhubungan dengan materi untuk memulai pembelajaran, siswa menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar siswa, mendiskusikan hasil dari penggunaan alat peraga, menemukan konsep berdasarkan hasil diskusi. Memperkenalkan prosedur baku untuk menyelesaikan masalah menggunakan logika dan mengaitkan konsep dalam menghitung pembagian. Sebelum siswa menyelesaikan masalah maka terlebih dahulu siswa telah telibat langsung menggunakan alat peraga, melakukan pengamatan dalam menemukan konsep sehingga membuat siswa lebih aktif dan akan bertahan lama pada memori siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran tersebut sejalan dengan peningkatan hasil tes yang diperoleh. Hasil belajar mengalami peningkatan 25,64% yaitu dari siklus I sebesar 56,41% (22 siswa) menjadi 82,05% (32 siswa) pada siklus II. Pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai ≥ 70% sehingga siklus ini dihentikan.
Kata Kunci : Realistics Mathematics Education (RME), Hasil Belajar Siswa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Repository UBP Karawang |
| Date Deposited: | 18 Dec 2024 08:13 |
| Last Modified: | 18 Dec 2024 08:13 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/699 |
