Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Kelas IV SD Negeri Kedawung II Lemahabang Wadas Tahun Ajaran 2018/2019)

Anwar, Ulfan Febian (2019) Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Kelas IV SD Negeri Kedawung II Lemahabang Wadas Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. COVER_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf] Text
1. COVER_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf

Download (694kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf] Text
2. ABSTRAK_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf

Download (606kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf] Text
4. BAB I_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf

Download (626kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf] Text
5. BAB II_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf] Text
6. BAB III_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf

Download (679kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf] Text
7. BAB IV_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf] Text
8. BAB V_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190086_15416286206015_Ulfan Pebian Anwar.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV sekolah dasar menggunakan metode drill dengan yang tidak menggunakan metode drill dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kedawung II Kecamatan Lemahabang Wadas Karawang dan di SD Negeri Lemahabang III Kecamatan Lemahabang Wadas Karawang. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental deisigen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kedawung II Karawang dan SD Negeri Lemahabang III Karawang dengan mengabil kelas eksperimen pada kelas IV SD Negeri Kedawung II Lemahabang dan kelas kontrol pada SD Negeri Lemahabang III Karawang, pengambilan sampel penelitian masing-masing kelas sebanyak 20 siswa. Kedua kelas diterapkan metode pembelajaran atau treatment yang berbeda. Metode drill diterapkan pada SD Negeri Kedawung II sedangkan metode konvensional pada SD Negeri Lemahabang III. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah sebagai salah satau persyaratan dalam menyelesaikan program sarjana pendidikan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Penelitian ini diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 23.0 dengan membandingkan nilai signifikan dan taraf signikan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan metode drill dengan yang tidak menggunakan metode drill dan hasil penghitungan uji-t sig 2 tailed posttest yaitu nilai signifikan 0.00. Jika dibandingkan dengan taraf signifikan yaitu sebesar 0.05, perbandingan dalam penelitian ini ditolak hal ini dikarenakan uji-t 2 tailed posttet 0.00 < 0.05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa antara penerapan metode drill dengan penerapan metode konvensional.

Kata kunci : Metode Drill, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 17 Dec 2024 06:40
Last Modified: 17 Dec 2024 06:40
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item
View Item