Salsabila, Mutiara Hilwa (2022) Analisis Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pasca Pandemi Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Karawang Kulon II (Studi Kualitatif Pada Siswa Kelas V SDN Karawang Kulon II Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. Judul_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Download (1MB)
2. Abstrak_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Download (217kB)
3.Daftar Isi_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Download (339kB)
4. BAB I_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Download (345kB)
5. BAB II_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (518kB)
6. BAB III_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Download (379kB)
7. BAB IV_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (765kB)
8. BAB V_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Download (219kB)
9. Daftar Pustaka_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Download (447kB)
10.Artikel_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (467kB)
11. Lampiran_220099_18416286206112_Mutiara Hilwa Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tatap muka terbatas pasca pandemi pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V D SDN Karawang Kulon II yang berjumlah 27 orang siswa dan wali kelas V D. Dengan mengambil sampel 5 orang siswa dari anggota populasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi kepada guru wali kelas, dan siswa kelas V D. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dibuat oleh wali kelas V D yaitu dengan membuat RPP, jadwal pelajaran, menyiapkan bahan ajar, dan menentukan media pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran tatap muka di SDN Karawang Kulon II berjalan dengan lancar dan tertib. Pembelajaran tatap muka terbatas ini didukung penuh oleh orang tua siswa. Metode dan media pembelajaran yang digunakan menyesuaikan dengan kondisi saat ini dan karakteristik siswa. (3) Evaluasi yang digunakan berupa soal di lks, melakukan tanya jawab secara langsung dengan siswa saat pembelajaran berlangsung, dan memberikan tugas video sebagai tugas praktikum yang nantinya dikirim melalui whatsapp grup oleh orang tua siswa.
Kata kunci: Pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT), pasca pandemi, dan pembelajaran IPA.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 04:05 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 04:05 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5268 |
