Marlina, Leoni (2022) Kreativitas Guru PPKn Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Di MTS Negeri 4 Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. COVER_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Download (266kB)
2. FILE ABSTRAK_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Download (37kB)
3. DAFTAR ISI_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Download (676kB)
4. BAB I_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Download (240kB)
5. BAB II_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (184kB)
6. BAB III_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Download (164kB)
7. FILE BAB IV_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
8. FILE BAB V_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Download (39kB)
9. FILE DAFTAR PUSTAKA_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Download (250kB)
10. FILE LAMPIRAN_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. ARTIKEL_220021_18416287205022_Leoni Marlina.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kreativitas mengajar guru, peran guru PPKn dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan ialah sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan mewawancarai 1 orang guru mata pelajaran PPKn, 6 orang siswa kelas IX A MTs Negeri 4 Karawang, jumlah siswa 6 orang dengan rincian 2 siswa laki laki dan 4 siswa perempuan serta wakasek bidang akademi sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan dan Verifikasi. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga harus dipelajari secara terus menerus, selain itu kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan oleh siswa dalam kehidupan bermasyarakat, namun kemampuan berpikir kritis cenderung terabaikan pada proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat dengan kreativitas guru menggunakan metode pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti analisis menunjukan bahwa pengembangan kreativitas mengajar guru PPKn dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rekomendasi pada penelitian ini adalah kreativitas guru harus terus dikembangkan lagi agar siswa lebih mudah meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya dengan baik.
Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 06:47 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 06:47 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5254 |
