Anwar, Aldian (2024) Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasan Sekolah 5R (Reduce,Reuse,Recycle,Replace,And Repland ). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Download (724kB)
2. ABSTRAK_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Download (216kB)
3. DAFTAR ISI_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Download (312kB)
4. BAB I_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Download (408kB)
5. BAB II_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
6. BAB III_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Download (324kB)
7. BAB IV_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
8. BAB V_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Download (219kB)
9. DAFTAR PUSTAKA_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Download (338kB)
10. Artikel_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
11. LAMPIRAN_240026_20416287205028_Aldian Anwar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Era globalisasi sangat besar pengaruhnya pada pola tindak dan pola sikap generasi penerus bangsa di era abad 21 yang membawa pengaruh terjadinya pergeseran hidup pada tatanan nilai masyarakat. Nilai-nilai peduli lingkungan yang khas pada setiap pembiasaan semakin tergerus oleh nilai-nilai baru yang datang dari luar dengan nuansa kebaharuannya. Munculnya permasalahan lingkungan hidup sebagian besar diakibatkan ulah manusia. Hal itu mengindikasikan, bahwa kepedulian manusia terhadap lingkungan tempat tinggalnya mulai luntur. Maka dari itu kepedulian terhadap lingkungan perlulah ditanamkan sejak dini. Karakter peduli lingkungan haruslah diajarkan di sekolah dasar, salah satunya melalui Pembiasaan 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, and Replant). Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui Pembiasaan 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, and Replant) di SDIT Mentari Ilmu Jatisari. Metode ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskripsi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, kurikulum, dan siswa. Penelitian ini menghasilkan, bahwa pembentukan karakter peduli lingkungan melalui Pembiasaan 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, and Replant) di SDIT Mentari Ilmu Jatisari: 1. Penerapan dilakukan secara bertahap dengan mengadakan sosialisasi pada siswa dan orang tua siswa. Serta adanya program bulanan di setiap hari rabu yaitu makan bersama, pembiasaan fisik dan ekstrakulikuler. 2. Nilai-nilai 5R terdapat pada visi misi sekolah yaitu MENTARI (Manner, Empati, Nilai, Tanggung Jawab, Amal, Rajin, Iman). 3. Kurangnya kesadaran dan pemahaman di kalangan siswa, guru, dan orang tua tentang pentingnya menjaga lingkungan dan konsep 5R. Penelitian ini menyimpulkan bahwa membentuk karakter siswa dalam Pembiasaan 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, and Replant) yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan secara langsung.
Kata Kunci: Karakter, Sekolah Dasar, Pembiasaan 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, and Replant)
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:23 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:23 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4939 |
