Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Wadas II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019)

Fitria, Fipin (2019) Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Wadas II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. file judul-190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf] Text
1. file judul-190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of 2. file abtrak_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf] Text
2. file abtrak_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf] Text
4. BAB I_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf] Text
5. BAB II_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf] Text
6. BAB III_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf

Download (790kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf] Text
7. BAB IV_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf] Text
8. BAB V_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190065_15416286206143_Fipin Fitria.pdf

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini dilakukan di SDN Wadas II Kecamatn Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Wadas II dengan sampel 20 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tulis essai. Tes tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar IPS. Teknik analisis data yang digunakan yakni perhitungan statistik. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan antara metode coopertive learning tipe talking stick dengah hasil belajar IPS. Hal ini diperoleh (thitung = 14,173 > ttabel = 2,021) dengan signifikansi 0,05 dan n = 40 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan metode cooperative learning tipe talking stick.

Kata kunci: Metode cooperative learning tipe talking stick, hasil belajar, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 12 Dec 2024 06:03
Last Modified: 12 Dec 2024 06:03
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item
View Item