Akbar, Muhamad Nuraly (2024) Implementasi Umpan Balik 360 Derajat Dalam Penilaian Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA At-Tawazun. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Download (1MB)
2. File Abstrak_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Download (224kB)
3. Daftar Isi_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Download (245kB)
4. BAB I_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Download (939kB)
5. BAB II_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (676kB)
6. BAB III_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Download (634kB)
7. BAB IV_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
8. BAB V_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Download (225kB)
9. Daftar Pustaka_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Download (434kB)
10. Lampiran_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240066_20416226201279_Muhamad Nuraly Akbar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berfokus pada implementasi umpan balik 360 derajat dalam penilaian kinerja guru di SMA At-Tawazun sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kompetensi dan kinerja guru merupakan faktor utama dalam menentukan kualitas pendidikan di suatu lembaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi dan kuesioner, melibatkan 35 responden yang terdiri dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode umpan balik 360 derajat dapat mengidentifikasi aspek-aspek kompetensi guru seperti pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial, yang memberikan wawasan tentang area yang perlu diperbaiki dan mendukung pengembangan profesional. Tingkat koefisien korelasi kinerja guru dengan mutu pendidikan SMA At-Tawazun dari enam guru hanya dua guru yang memiliki korelasi sangat baik dengan tingkat korelasi 0,978 dan 0,988 sedangkan empat guru lainnya hanya mendapatkan nilai koefisien korelasi lemah dengan tingkat korelasi 0,360, 0,383, 0,374, dan 0,36. Upaya perbaikan dengan evaluasi dan pelatihan diharapkan dapat memperbaiki kinerja dan kualitas mutu SMA At-Tawazun. Implementasi metode ini dinilai efektif dalam meningkatkan komunikasi dan menciptakan budaya umpan balik yang konstruktif di SMA At-Tawazun, yang diharapkan berdampak positif pada mutu pendidikan.
Kata kunci : kinerja guru, mutu pendidikan, umpan balik 360 derajat
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:24 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:24 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4780 |
