Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA

Istawati, Mutia (2019) Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. COVER_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf] Text
1. COVER_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf] Text
2. ABSTRAK_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf] Text
4. BAB I_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf

Download (607kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf] Text
5. BAB II_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf] Text
6. BAB III_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf] Text
7. BAB IV_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf] Text
8. BAB V_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190061_15416286206010_Mutia Istawati.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Wadas II Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Eksperimental Design. Pada penelitian ini sampel diambil sebanyak 60 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pilihan ganda. Tes tersebut digunakan untuk mengukur pemahaman konsep IPA. Teknik analisis data yang digunakan yakni perhitungan statistik. Hasil dari uji validitas tes soal pilihan ganda pada mata pelajaran IPA diperoleh 25 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 30 butir instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,83. Hasil pengujian hipotesis, dengan taraf signifikan antara model contextual teaching and learning dengan hasil pemahaman konsep IPA. Hal ini diperoleh (thitung = 3,408 > ttabel = 2,000) dengan sig = 0,001 < 0,05 dan n = 60 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL).

Kata Kunci : Model CTL, Pemahaman Konsep Siswa, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 12 Dec 2024 06:15
Last Modified: 12 Dec 2024 06:15
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item