Puspitasari, Dea Hikmah (2024) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas XI di SMK Bhinneka Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Download (496kB)
2. File Abstrak_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Download (50kB)
3. Daftar Isi_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Download (135kB)
4. BAB I_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Download (200kB)
5. BAB II_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (252kB)
6. BAB III_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Download (504kB)
7. BAB IV_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB)
8. BAB V_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Download (42kB)
9. Daftar Pustaka_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Download (76kB)
10. Lampiran_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240031_2041673201220_Dea Hikmah Puspitasari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Abstract
Konsep diri yang tercermin dari siswa sangat berhubungan erat dengan bagaimana orang tua menerapkan pola asuh saat di rumah, siswa yang memiliki konsep diri rendah terjadi karena adanya pengaruh yang berasal dari pola pengasuhan orang tua yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap konsep diri pada siswa kelas XI di SMK Bhinneka Karawang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif, populasi pada penelitian ini siswa kelas XI yang berjumlah 305 siswa di SMK Bhinneka Karawang. Pada penelitian ini mengambil sampel sebanyak 170 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik kuota sampling. Proses pengumpulan data menggunakan alat ukur skala psikologi melalui PAQ (parental authority questionnaire) dari Baumrind (1991) dan Personal Self-Concept (PSC) Questionnaire dari Goni (2011). Teknik uji hipotesis menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil analisis menunjukan nilai signifikansi dari variabel pola asuh dan konsep diri sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima H0 ditolak. Artinya ada pengaruh pola asuh terhadap konsep diri. Nilai R square yang dihasilkan sebesar 0,175. Hal ini menunjukan ada pengaruh pola asuh sebesar 17,5% terhadap konsep diri pada siswa kelas XI di SMK Bhinneka Karawang. Selain itu hasil uji beda menunjukan tidak ada perbedaan signifikan antara ketiga pola asuh. Namun, pola asuh demokratis memiliki nilai mean tertinggi sebesar 60,27, menunjukkan bahwa pola asuh ini lebih dominan dalam membentuk konsep diri siswa.
Kata kunci: Konsep diri, Pola Asuh, Siswa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:44 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 02:44 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4681 |
