Pengaruh Metode Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep IPA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Pinayungan I Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019)

Ulfah, Eneng Rieza (2019) Pengaruh Metode Cooperative Learning Type Numbered Head Together (NHT) Terhadap Pemahaman Konsep IPA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Pinayungan I Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf] Text
1. FILE JUDUL_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf] Text
4. BAB_I_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf] Text
5. BAB_II_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf] Text
6. BAB_III_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf] Text
7. BAB_IV_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf] Text
8. BAB_V_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190059_15416286206017_Eneng Rieza Ulfah.pdf

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cooperative Type Numbered Head Together terhadap pemahaman konsep IPA SDN Pinayungan 1 Kecamatan Telukjambe timur Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pinayungan 1. Sample pada penelitian berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes pilihan ganda pada mata pelajaran IPA. Teknik analisis data yang digunakan yakni perhitungan statistik. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Cooperative Learning Type Numbered head together dengan hasil pemahaman konsep IPA. Hal ini diperoleh (thitung = 3,207 > ttabel = 2,000) dengan signifikansi 0,05 dan n = 60 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA yang menggunakan metode Cooperative Learning Type Numbered Head Together.

Kata Kunci: Metode cooperative learning type numbered head together, pemahaman konsep IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 12 Dec 2024 06:17
Last Modified: 12 Dec 2024 06:17
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/467

Actions (login required)

View Item
View Item