Amalia, Destria (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Download (894kB)
2. File Abstrak_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Download (116kB)
3. Daftar Isi_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Download (53kB)
4. BAB_I_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Download (253kB)
5. BAB_II_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
6. BAB_III_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Download (348kB)
7. BAB_IV_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
8. BAB_V_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Download (143kB)
9. Daftar Pustaka_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Download (177kB)
10. Lampiran_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
11. Artikel_240023_20416287205038_Destria Amalia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (192kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan untuk melihat besarnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian berupa nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes soal pernyataan benar/salah berisi 20 soal yang valid dan reliabel. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji
T. Hasil penelitian diketahui bahwa uji T yang diperoleh dari Nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yakni (0,000 < 0,05) atau thitung > ttabel yakni (8,918 > 1,922). Maka terdapat pengaruh signifikan antara Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga, Ho ditolak atau Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan model pemblejaran Problem Based Learning berpengaruh sebesar 28,81% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kritis, Siswa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:22 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:22 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4623 |
