Nurpadilah, Putri (2024) Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN Cengkong I (Studi Kualitatif Deskriptif Siswa Kelas IV SDN Cengkong I Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Download (86kB)
2. File Abstrak_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Download (39kB)
3. Daftar Isi_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Download (48kB)
4. BAB I_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Download (167kB)
5. BAB II_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
6. BAB III_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Download (221kB)
7. BAB IV_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
8. BAB V_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Download (38kB)
9. Daftar Pustaka_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Download (149kB)
10. Lampiran_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_Putri_240055_20416286206039_Putri Nurpadilah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (320kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi membaca siswa, faktor penghambat yang memengaruhi serta bagaimana upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa kelas IV SDN Cengkong I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 10 siswa, pada penelitian ini peneliti menggunakan instrument penelitian berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan metode wawancara di ketahui bahwa rata-rata semua siswa sudah memahami literasi membaca ini, akan tetapi ketika di lakukan test literasi pada siswa tidak semua siswa membaca dan hanya sebagian yang benar-benar membaca dengan di buktikan hanya ada 3 orang siswa sudah memahami semua indikator literasi membaca, sedangkan untuk 4 orang siswa memiliki tingkat kemampuan literasi membaca yang sedang, dan 3 orang siswa memiliki tingkat kemampuan literasi yang rendah karena adanya beberapa faktor penghambat yang sesuai dengan jawaban dari wawancara siswa. Dengan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa hasil literasi di kelas IV SDN Cengkong 1 ini termasuk dalam kategori sedang. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa yaitu dengan diadakannya program 15 menit kegiatan literasi membaca sebelum dimulainya pembelajaran, menyediakan buku bahan bacaan yang lebih menarik, serta dorongan dari orang tua siswa.
Kata Kunci: Literasi, Membaca, Siswa
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:18 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:18 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4580 |
