Wulandari, Sri (2024) Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Studi Korelasional Pada Siswa IV SDN Se-Gugus V Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Download (604kB)
2. File Abstrak_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Download (217kB)
3. Daftar Isi_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Download (218kB)
4. BAB I_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Download (353kB)
5. BAB II_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (401kB)
6. BAB III_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Download (624kB)
7. BAB IV_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (433kB)
8. BAB V__240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Download (220kB)
9. Daftar Pustaka_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Download (353kB)
10. Lampiran_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240053_20416286206106_Sri Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasion. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Se-Gugus V Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi dengan jumlah seluruh siswa 203 dengan teknik Pengambilan sampel penelitian menggunakan pengambilan sampel acak secara sederhana menggunakan rumus solvin dengan tingkat kesalahan 10% dengan jumlah ukuran sampel menjadi 67 siswa. Pengumpulan data kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa teknik tes berupa kusioner atau instrumen. Berdasarkan hasil analisis data perhitungan menggunakan rumus product moment menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikansi antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar kelas IV sekolah dasar dengan nilai sebesar 0,858 dilihat dari tabel interpretasi korelasi yang menunjukkan sangat tinggi. Didapatkan nilai Rhitung sebesar 0,858 yang di konversikan ke dalam nilai R tabel dengan jumlah reponden sebesar 67 siswa sebesar 0,236. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa di sekolah dasar.
Kata kunci: Kecerdasan emosional, motivasi belajar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:18 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:18 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4578 |
