Halimatussa'diyah, Della (2024) Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Numerasi Siswa di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Cirejag I Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Download (843kB)
2. File Abstrak_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Download (135kB)
3. Daftar Isi_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Download (55kB)
4. BAB_I_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Download (190kB)
5. BAB_II_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
6. BAB_III_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Download (379kB)
7. BAB_IV_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
8. BAB_V_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Download (42kB)
9. Daftar Pustaka_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Download (289kB)
10. Lampiran_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
11. Artikel_240043_20416286206088_Della Halimatussa'diyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (908kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap numerasi siswa kelas IVA di SDN Cirejag I. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimental menggunakan desain yaitu one group pretest posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SDN Cirejag I. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IVA sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan tes. Sebelumnya tes sudah diuji kelayakannya melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Dihasilkan 17 butir soal yang valid dari 20 butir soal yang telah diuji cobakan. Penelitian ini menggunakan analisis data Uji Paired Sample T-Test menggunakan software SPSS 29 diperoleh nilai sig. (2-sided) sebesar < 0.001, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap numerasi siswa di sekolah dasar.
Kata Kunci : Realistic Mathematics Education (RME), Numerasi, Siswa Sekolah Dasar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:17 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:17 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4567 |
