Asifa, Reza Nur (2024) Hubungan Media Sosial Dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar (Studi Korelasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus III Kecamatan Klari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023-2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Download (556kB)
2. File Abstrak_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Download (223kB)
3. Daftar Isi_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Download (249kB)
4. BAB_I_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Download (381kB)
5. BAB_II_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (539kB)
6. BAB_III_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Download (839kB)
7. BAB_IV_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
8. BAB_V_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Download (222kB)
9. Daftar Pustaka_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Download (454kB)
10. Lampiran_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
11. Artikel_240026_20416286206066_Reza Nur Asifa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media sosial dengan konsentrasi belajar siswa. Peneliti ini menggunakan metode kuantitatif dengan tekhnik pendekatan korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media sosial (X) dan variabel terikatnya adalah konsentrasi belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa Negeri Se-Gugus III Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Slovin sebanyak 90 siswa. Berdasarkan hasil diperoleh uji koefesien determinasi didapatkan bahwa R square sebesar 0,681 atau 68,1% . melalui analisis korelasi didapatkan angka koefisien korelasi yang bersifat positif yakni r = 0,713 menunjukan adanya korelasi tinggi antara variabel x dan variabel y. Dengan koefesien determinasinya (r2) sebesar 0,681, artinya besaran pengaruh variabel X dalam memengaruhi variabel Y hanya 68,1% dan sisanya sebesar 31,9 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Maka dapat disimpulkan dari hasil analisis tersebut bahwa Ha diterima H0 ditolak, karena hasil perhitungan terdapat pengaruh yang positif antara variabel X dan variabel Y.
Kata kunci: Media sosial, konsentrasi belajar, smartphone
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:15 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:15 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4550 |
