Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian Apotek Lentera Farma Karawang

Firdaus, Syahdan (2024) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Kefarmasian Apotek Lentera Farma Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of File Judul_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
File Judul_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of File Abstrak_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
File Abstrak_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of Daftar Isi_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
Daftar Isi_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of BAB_I_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
BAB_I_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of BAB_II_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
BAB_II_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[thumbnail of BAB_III_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
BAB_III_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of BAB_IV_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
BAB_IV_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of BAB_V_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
BAB_V_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
Daftar Pustaka_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Lampiran_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
Lampiran_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of Artikel_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf] Text
Artikel_240078_17416248201089_Syahdan Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Lentera Farma, Karawang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Data yang dikumpulkan meliputi kepuasan konsumen terhadap berbagai aspek pelayanan, seperti kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan bukti fisik pelayanan yang diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Apotek Lentera Farma, terutama dalam hal keramahan staf, kecepatan pelayanan, dan ketersediaan produk. Mayoritas responden adalah perempuan (69%) dan sebagian besar berprofesi sebagai pegawai swasta (46%). Uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel. Analisis regresi menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 61%. Penelitian ini menyarankan Apotek Lentera Farma untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan memberikan informasi obat yang lebih mendetail serta memperkuat hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui program loyalitas. Selain itu, peningkatan fasilitas apotek juga diharapkan dapat meningkatkan kepuasan konsumen.

Kata kunci: Kepuasan konsumen, pelayanan kefarmasian, apotek, Karawang, Apotek Lentera Farma

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Pustakawan Perpustakaan UBP Karawang
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:10
Last Modified: 22 Oct 2025 07:10
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4501

Actions (login required)

View Item
View Item