Pengaruh Pendekatan Kontekstual Tentang Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD

Safitri, Emi Yani (2019) Pengaruh Pendekatan Kontekstual Tentang Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. COVER_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf] Text
1. COVER_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf] Text
2. ABSTRAK_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf] Text
4. BAB I_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf] Text
5. BAB II_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf] Text
6. BAB III_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf] Text
7. BAB IV_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf] Text
8. BAB V_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190048_15416286206114_Emi Yani Safitri.pdf

Download (584kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Pendekatan Kontekstual Tentang Perkalian terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Pulojaya I. penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Kontekstual dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional/ceramah. Desain penelitiannya adalah One Group Pretest-Posttest Design, populasi penelitiannya adalah seluruh kelas II SDN Pulojaya I. sampel penelitiannya adalah kelas II A sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelas II B sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes berupa essay. Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen nilai yang didapat masih rendah nilai yang diperoleh sebesar 42.92. Sedangkan pada kelas kontrol adalah 43.6. Setelah dilakukan treatment pembelajaran menggunakan pendektan Kontekstual. Hasil analisis pada posttest kelas eksperimen diperoleh bahwa hasil belajar siswa tentang perkalian meningkat dengan rata-rata 90.8, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 80.80. Berdasarkan uji t yang dilakukan diperoleh sig (2-tailed) < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pendekatan Kontekstual tentang perkalian terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN Pulojaya I tahun pelajaran 2018/2019.

kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Pendekatan Kontekstual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 11 Dec 2024 07:34
Last Modified: 11 Dec 2024 07:34
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item