Nissa, Afifah Wahidatun (2023) Analisis Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas V SDN Tamelang 1 (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas V SDN Tamelang 1 Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Judul_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 1. Judul_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Judul_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Download (240kB)
![2.Abstrak_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 2.Abstrak_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2.Abstrak_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Download (159kB)
![3.Daftar Isi_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 3.Daftar Isi_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3.Daftar Isi_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Download (229kB)
![4. BAB I_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 4. BAB I_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Download (225kB)
![5. BAB II_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 5. BAB II_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
![6. BAB III_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 6. BAB III_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Download (271kB)
![7. BAB IV_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (329kB)
![8. BAB V_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 8. BAB V_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Download (156kB)
![9.Daftar Pustaka_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 9.Daftar Pustaka_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9.Daftar Pustaka_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Download (283kB)
![11. Lampiran_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_230057_19416286206119_Afifah Wahidatun Nissa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (806kB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa karakter peduli sosial yang ada di kelas V A SDN Tamelang I sudah berjalan cukup baik. Siswa sudah mampu mengikuti kegiatan karakter peduli sosial seperti, membuat dan mengerjakan tugas dengan benar atau baik, memperlakukan orang lain dengan cara yang sama dan tidak membeda-bedakan agama, suku, ras, dan golongan, meneladani para pahlawan nasional, siswa hadir tepat waktu, siswa berpakaian rapi, mengikuti kegiatan salat duha, memberikan sumbangan, saling tegur sapa, saling tolong menolong, menjaga kebersihan sekolah. Strategi yang dilakukan guru untuk menanamkan karakter peduli sosial yaitu dengan cara memberikan keteladanan, kedisiplinan, dan pembiasaan kepada peserta didik. Dalam mengatasi kendala pada karakter peduli sosial peserta didik yang kurang baik. Seperti, peserta didik masih terlibat dalam perkelahian, masih terjadinya kegiatan contek menyontek saat ujian, dan sering berkata kasar. Upaya guru untuk menyikapi beberapa kendala tersebut bisa dengan memberikan teguran, motivasi, dukungan, hukuman, dan pengkondisian lingkungan.
Kata Kunci: Karakter peduli sosial, keteladanan, kedisiplinan, pembiasaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:56 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:56 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3803 |