Oktapiyani, Putri (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep IPS Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Adiarsa Timur 1 Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 1. COVER_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Download (1MB)
![2. ABSTRAK_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Download (196kB)
![3. DAFTAR ISI_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Download (235kB)
![4. BAB 1_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 4. BAB 1_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB 1_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Download (229kB)
![5. BAB II_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 5. BAB II_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB)
![6. BAB III_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 6. BAB III_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Download (336kB)
![7. BAB IV_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB)
![8. BAB V_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 8. BAB V_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Download (159kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Download (260kB)
![11. LAMPIRAN_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf [thumbnail of 11. LAMPIRAN_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. LAMPIRAN_230031_19416286206071_Putri Oktapiyani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperatif tipe make a match terhadapan kemampuan pemahaman konsep IPS peserta didik kelas v di SDN Adiarsa Timur 1. Penelitian ini merupakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Exsperiment atau eksperimen semu dengan desain non equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas I – VI SDN Adiarsa Timur 1 sebanyak 627 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian dengan Simple Perposive Sampling. Teknis analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan perhitungan statistic korelasi probuct moment. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan Antara kelas yang belajar menggunakan metode pembelajaran cooperative tipe make a match dan kelas yang belajaar tanpa metode pembelajaran cooperative tipe make a match. Hal ini diperoleh sebesar 3,351 > sebesar 0,444 dengan signifikansi 0,05 dan n = 40 bahwa ditolak, diterima. Artinya dapat disimpulkan behwa terdapat pengaruh metode pembelajaran cooperative tipe make a match terhadap pemahaman konsep IPS siswa kelas V SD di SDN Adiarsa Timur 1.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Cooperative Tipe Make A Match, Pemahaman Konsep IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:44 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 04:44 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3779 |