Nandang, Nandang (2023) Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Kualitatif di SMPN 2 Kelas VIII Kecamatan Adiarsa Barat Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2021/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
01 Judul_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Download (1MB)
02 Abstrak_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Download (558kB)
03 Daftar Isi_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Download (390kB)
04 Bab I_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Download (1MB)
05 Bab II_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
06 Bab III_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Download (1MB)
07 Bab IV_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
08 Bab V_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Download (500kB)
09 Daftar Pustaka_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Download (637kB)
11 Lampiran_230014_19416287205041_Nandang.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2
Karawang Barat khususnya pada karakter disiplin dan toleransi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, peserta didik dan orang tua siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada hasil pembelajaran PPKn berpedoman pada RPP yang mencantumkan nilai- nilai karakter disiplin dan toleransi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini digunakan guru sebagai panduan dalam melaksanakan pembelajaran beserta menanamkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan toleransi pada pembelajaran PPKn termuat dalam pembelajaran tematik sehingga penanaman nilai karakter diikuti oleh pembelajaran lainnya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PPKn bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Karawang Barat khususnya karakter disiplin masih kurang baik karena masih belum berjalan dengan optimal sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. sedangkan untuk karakter toleransi sudah baik, mesikpun ada beberapa hambatan di setiap tahun nya.
Kata Kunci : Karakter, PPKn, Disiplin dan Toleransi
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 17 Mar 2025 04:03 |
| Last Modified: | 17 Mar 2025 04:03 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3748 |
