Sutrisno, Andre Maulana (2023) Pengaruh Clebrity Worship Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggemar K-Pop di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. Judul_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 01. Judul_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. Judul_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Download (1MB)
![02. Abstrak_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 02. Abstrak_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. Abstrak_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Download (325kB)
![03. Daftar Isi_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 03. Daftar Isi_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. Daftar Isi_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Download (918kB)
![04. BAB 1_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 04. BAB 1_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. BAB 1_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Download (1MB)
![05. BAB II_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 05. BAB II_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. BAB II_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![06. BAB III_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 06. BAB III_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. BAB III_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Download (2MB)
![07. BAB IV_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 07. BAB IV_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. BAB IV_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![08. BAB V_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 08. BAB V_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. BAB V_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Download (286kB)
![09. Daftar Pustaka_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 09. Daftar Pustaka_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. Daftar Pustaka_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Download (554kB)
![11. Lampiran_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_230029_19416273201148_Andre Maulana Sutrisno.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Korean waves merupakan suatu bentuk fenomena yang mengenalkan kebudayaan Korea Selatan seperti drama, variety show, musik dan film. Khususnya pada bidang musik, musik yang berasal dari Korea Selatan ini biasa disebut Korean Pop atau disingkat dengan K-pop. Indonesia sendiri dikenal memiliki fanbase yang besar dan loyal dalam dunia K-pop. Fenomena yang terjadi pada penggemar K-pop yaitu para penggemar ini terkenal dengan loyalitasnya terhadap sang idola. Tidak sedikit para penggemar ini tidak mempedulikan kebutuhan yang seharusnya dan memilih untuk memenuhi keinginan pribadi dalam bentuk memiliki barang yang menunjukkan identitasnya sebagai penggemar. Perilaku tersebut adalah perilaku konsumtif yang salah satu faktornya adalah celebrity whorship. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif pada penggemar K-Pop di Karawang. Populasi pada penelitian ini adalah para penggemar K-Pop di Karawang yang tergabung dalam satu grup whatsapp penggemar boyband BTS (ARMY Karawang). Analisis data penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui besaran nilai variabel perilaku konsumtif (Y) yang dipengaruhi oleh variabel celebrity worship (X). Hasil yang di dapat dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Maka hipotesis penelitian ini adalah Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif pada penggemar K-Pop di Karawang. Hasil dari uji koefisien determinasi yang diperoleh menunjukkan bahwa celebrity worship memberikan sumbangan pengaruh sebesar 45,8% terhadap perilaku konsumtif dan 54,2% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: Celebrity Worship, Perilaku Konsumtif dan K-Pop.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:00 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:00 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3688 |