Fajria, Cendana Ayu (2023) Pengaruh Fanatisme Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggemar Boygroup NCT di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. JUDUL_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 01. JUDUL_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. JUDUL_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Download (921kB)
![02. ABSTRAK_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 02. ABSTRAK_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. ABSTRAK_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Download (671kB)
![03. DAFTAR ISI_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 03. DAFTAR ISI_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. DAFTAR ISI_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Download (900kB)
![04. BAB I_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 04. BAB I_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. BAB I_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Download (1MB)
![05. BAB II_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 05. BAB II_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. BAB II_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![06. BAB III_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 06. BAB III_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. BAB III_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Download (2MB)
![07. BAB IV_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 07. BAB IV_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. BAB IV_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![08. BAB V_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 08. BAB V_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. BAB V_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Download (287kB)
![09. DAFTAR PUSTAKA_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 09. DAFTAR PUSTAKA_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. DAFTAR PUSTAKA_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Download (593kB)
![11. LAMPIRAN_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf [thumbnail of 11. LAMPIRAN_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. LAMPIRAN_230007_19416273201176_Cendana Ayu Fajria.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Korean Pop (K-Pop) merupakan musik dari Korea Selatan yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia, salah satu boygroup K-Pop yang banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia saat ini adalah NCT. Penggemar NCT biasanya menujukkan keyakinan dan cinta yang sangat mendalam sehingga cenderung memiliki keinginan yang kuat untuk mengonsumsi barang-barang yang berhubungan dengan idolanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boygroup NCT di Karawang. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian kausal dan teknik quota sampling (nonprobability). Populasi dalam penelitian ini adalah penggemar boygroup NCT di Karawang sebanyak 250 orang yang bergabung dalam grup chat, dengan sampel sebanyak 146 orang berdasarkan tabel acuan Isaac & Michael (taraf kesalahan 5%). Data dikumpulkan menggunakan dua skala yaitu skala fanatisme (14 aitem) dan skala perilaku konsumtif (43 aitem) dengan nilai reliabilitas skala fanatisme 0,867 dan skala perilaku konsumtif 0,975. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana, didapatkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak, maka disimpulkan ada pengaruh fanatisme terhadap perilaku konsumtif pada penggemar boygroup NCT di Karawang dan pengaruh yang disumbangkan variabel fanatisme terhadap perilaku konsumtif sebesar 34,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Fanatisme, Perilaku Konsumtif, penggemar K-Pop, NCT
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 02:41 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:41 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3666 |