Majid, Abdul (2023) Analisis Sentimen Pelayanan Terhadap Jada Pengiriman Berdasarkan Opini Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. File Judul_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 01. File Judul_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. File Judul_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Download (880kB)
![02. File Abstrak_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 02. File Abstrak_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. File Abstrak_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Download (355kB)
![03. Daftar Isi_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 03. Daftar Isi_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. Daftar Isi_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Download (360kB)
![04. BAB_I_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 04. BAB_I_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. BAB_I_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Download (479kB)
![05. BAB_II_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 05. BAB_II_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. BAB_II_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Restricted to Registered users only
Download (976kB)
![06. BAB_III_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 06. BAB_III_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. BAB_III_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Download (1MB)
![07. BAB_IV_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 07. BAB_IV_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. BAB_IV_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
![08. BAB_V_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 08. BAB_V_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. BAB_V_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Download (200kB)
![09. Daftar Pustaka_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 09. Daftar Pustaka_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. Daftar Pustaka_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Download (601kB)
![11. Lampiran_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_230017_19416255201082_Abdul Majid.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisis yang hasilnya dapat di olah bahan untuk evaluasi bagi pelayanan jasa pengiriman. Dalam penelitian ini data yang di Crawling Data dengan berbentuk format excel terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas positif, negatif, dan netral. Setelah itu data mengalami tahap filter data dari labelling data menjadi 2 kategori kelas yaitu kategori kelas positif dan kelas negatif yang ada di data tweet menggunakan metode klasifikasi dengan label positif ditandai dengan angka 1, sedangkan label negatif ditandai dengan -1. Data yang sudah dilakukan pelabelan sebanyak 1325 data tweet yang masuk dalam kata kunci “Kurir” terdapat kelas positif ada 848 data tweet, dan kelas negatif ada 477 data tweet dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Lalu akan melakukan tahapan text preprocessing yang terdiri dari casefolding, tokenizing, filtering, stemming, dan TF-IDF dan akan menghasilkan nilai sentimen yang dihasilkan opini tweet dari sentimen positif dan negatif. Selanjutnya akan melakukan tahap pembagian dataset dibagi menjadi data training sebanyak 927 dan data testing sebanyak 398 dengan menggunakan rasio 0.3 yang artinya 70% data training dan 30% data testing. Selanjutnya melakukan tahap evaluasi dalam sebuah pengujian model klasifikasi Algoritma Naïve Bayes dengan Confusion Matrix. Dari pengujian tersebut didapatkan hasil analisis sentimen dengan kata kunci ”kurir” mendapatkan nilai yang cukup baik dengan nilai akurasi sebesar 80%, precision 84%, dan Recall sebesar 87%
Kata Kunci: Analisis Sentimen, Twitter, Kurir, Text Mining, Naïve Bayes, Confusion Matrix.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 03:36 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 03:36 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/3379 |