Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Eriyanti, Rini Utami (2019) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf] Text
1. FILE JUDUL_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf] Text
2. ABSTRAK_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf] Text
4. BAB I_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf] Text
5. BAB II_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf] Text
6. BAB III_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf] Text
7. BAB IV_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[thumbnail of 8. BAB V_.pdf] Text
8. BAB V_.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190028_15416286206141_Rini Utami Eriyanti.pdf

Download (584kB)

Abstract

Penilitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kondangjaya III, Karawang dengan tujuan untuk melihat perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan yang tidak menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis Penelitian ini adalah Eksperimen. Dengan Desain yang digunakan dalam penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas III SDN Kondangjaya III, dengan sampel penelitian kelas III B sebagai eksperimen dan kelas III F sebagai kelas kontrol. Intrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Hasil analisis data pada pretest kelas eksperimen nilai yang didapat masih rendah nilai yang diperoleh sebesar 32.94, seadangkan pada kelas kontrol adalah 33.25. Setelah dilakukan treatment pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Hasil analisis pada posttest kelas eksperimen diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dengan rata-rata 75.63, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 63.63. Berdasarkan uji t yang dilakukan diperoleh sig (2-tailed) < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas III SDN Kondangjaya III tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Realistic Mathematic Education (RME), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:24
Last Modified: 09 Dec 2024 08:24
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item
View Item