Wahyuni, Cici Sri (2019) Efektivitas Strategi Direct Reading Thinking Activities Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf [thumbnail of 1. COVER_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf
Download (696kB)
![2. ABSTRAK_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf
Download (612kB)
![4. BAB I_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf [thumbnail of 4. BAB I_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf
Download (593kB)
![5. BAB II_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf [thumbnail of 5. BAB II_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (639kB)
![6. BAB III_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf [thumbnail of 6. BAB III_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf
Download (683kB)
![7. BAB IV_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf
Restricted to Registered users only
Download (746kB)
![8. BAB V_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf [thumbnail of 8. BAB V_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf
Download (575kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_190018_15416286206041_Cici Sri Wahyuni.pdf
Download (581kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi direct reading thingking activities terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar pada mata pelajaran bahasa indonesia SD Negeri Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 46 orang siswa. Dengan mengambil sampel 2 rombel yaitu kelas VA dan VB. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen soal 30 butir pilihan ganda pada mata pelajaran bahasa indonesia. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistika SPSS Versi 25. Hasil dari uji validitas instrumen soal kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia diperoleh 20 butir instrumen yang dinyatakan valid dan 30 butir instrumen yang diujicobakan di sampel sekolah lain, yaitu di kelas VA dan VB SD Negeri Adiarsa Barat II Kecamatan Karawang Barat. Hasil dari uji Reliabitas diperoleh nilai r11 = 0,930. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan antara strategi direct reading thingking activities pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan strategi konvensional. Hal ini diperoleh rhitung 0,930 ≥ rtabel 0,361 dengan signifikans 0,05 dan n = 46 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi direct reading thingking activities pada mata pelajaran bahasa indonesia terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa terdapat perbedaan yang kuat.
Kata kunci : Strategi Direct Reading Thingking Activities, kemampuan membaca pemahaman, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 09:15 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 09:15 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/311 |