Amirrullah, Muhamad (2022) Klasifikasi Sentimen Pada Review Produk E-Commerce Menggunakan Metode Naive Bayes. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 1. File Judul_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Download (466kB)
![2. File Abstrak_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Download (406kB)
![3. Daftar Isi_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Download (421kB)
![4. Bab_1_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 4. Bab_1_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. Bab_1_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Download (424kB)
![5. Bab_2_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 5. Bab_2_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. Bab_2_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
![6. Bab_3_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 6. Bab_3_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. Bab_3_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Download (470kB)
![7. Bab_4_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 7. Bab_4_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. Bab_4_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (580kB)
![8. Bab_5_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 8. Bab_5_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. Bab_5_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Download (403kB)
![9. Daftar Pustaka_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Download (410kB)
![11. Lampiran_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf [thumbnail of 11. Lampiran_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. Lampiran_220038_18416255201051_Muhamad Amirrullah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
Abstract
Pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi dibidang perdagangan salah satunya yaitu berupa penjualan dan pembelian secara online. Dalam kegiatan berbelanja secara online biasanya konsumen mencari terlebih dahulu mengenai produk yang akan dibelinya melalui review dari konsumen sebelumnya, dikarenakan review dari konsumen sebelumnya dapat menyediakan informasi terbaru dari produk tersebut berdasarkan perspektif konsumen lain yang sudah membeli produk tersebut terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengklasifikan review produk tersebut menggunakan algoritma naïve bayes. Klasifikasi naïve bayes merupakan algoritma untuk klasifikasi berdasarkan teorema naïve bayes dan digunakan untuk menghitung sebuah probabilitas dari suatu kelas. Dalam penelitian ini terdapat beberapa tahapan penelitian yaitu preprocessing, implementasi, dan pengujian. Pada pengujian data dibagi menjadi 2 bagian, 80% sebagai data latih serta 20% sebagai data uji. Pada pengujian menggunakan confusion matrix, penelitian ini mendapatkan akurasi sebesar 86%, sedangkan untuk precission mendapatkan nilai rata-rata 88%, serta nilai recall yang mendapatkan nilai rata-rata 86%.
Kata Kunci: Klasifikasi, Naïve Bayes, review produk
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:08 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:08 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2939 |