Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas V MI Nurul Huda Cibuaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Sapitri, Diana (2022) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA (Studi Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas V MI Nurul Huda Cibuaya Tahun Ajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. JUDUL_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
1. JUDUL_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
2. ABSTRAK_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 4. BAB I_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
4. BAB I_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 5. BAB II_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
5. BAB II_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of 6. BAB III_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
6. BAB III_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
7. BAB IV_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[thumbnail of 8. BAB V_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
8. BAB V_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf] Text
10. LAMPIRAN_220090_17416286206061_Diana Sapitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuannya untuk 1) mendeskripsikan materi yang dianggap sulit oleh siswa kelas V MI Nurul Huda Cibuaya, 2) untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar IPA oleh siswa kelas V MI Nurul Huda Cibuaya, dan 3) upaya guru dan peneliti dalam mengatasi kesulitan belajar IPA di kelas V MI Nurul Huda Cibuaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan subjek penelitiannya, observasi, serta pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA, dan kuesioner sebesar 38 siswa kelas V MI Nurul Huda Cibuaya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Materi yang dianggap sulit yaitu Ekosistem, yang mendeskripsikan benda hidup dan benda tak hidup di suatu lingkungan yang saling berinteraksi. 2) salah satu faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa kelas V MI Nurul Huda Cibuaya yaitu metode yang dipergunakan oleh guru masih menggunakan metode ceramah tanpa media, serta 3) Hasil menunjukkan bahwa hanya sembilan siswa yang mencapai nilai sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa hanya 30% siswa yang tuntas dan 70% tidak. Persentase ketuntasan jauh di bawah indikator keberhasilan yaitu 80%. Sehingga sebagian besar siswa belum memahami konsep Ekosistem benda hidup dan benda tak hidup di suatu lingkungan yang saling berinteraksi. Kata kunci: Analisis, Kesulitan, Hasil belajar dan IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:56
Last Modified: 15 Jan 2025 04:56
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item
View Item