Azis, Isnan Fahmi (2022) Analisis Pengendalian Kualitas Tire Passenger Pada Proses Mixing Menggunakan Metode Quality Control Circle (QCC) & Logic Tree Analysis (LTA) (Studi Kasus di PT Bridgestone Tire Indonesia). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 1. COVER_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Download (516kB)
![2. ABSTRAK_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Download (406kB)
![3. DAFTAR ISI_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Download (412kB)
![4. BAB_1_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 4. BAB_1_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_1_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Download (476kB)
![5. BAB_2_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 5. BAB_2_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_2_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Restricted to Registered users only
Download (685kB)
![6. BAB_3_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 6. BAB_3_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_3_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Download (456kB)
![7. BAB_4_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 7. BAB_4_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_4_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Restricted to Registered users only
Download (782kB)
![8. BAB_5_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 8. BAB_5_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_5_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Download (529kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Download (392kB)
![10. LAMPIRAN_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220061_17416226201090_Isnan Fahmi Azis.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
Abstract
PT Bridgestone Tire Indonesia merupakan salah satu perusahaan industri manufaktur yang bergerak dibidang produksi ban mobil passanger untuk kebutuhan industri otomotif berupa mobil. Dengan besarnya permintaan konsumen terutama di market OEM (Original Equipment Manufacture) baik lokal maupun export PT Bridgestone Tire Indonesia dituntun untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen dengan kualitas terbaik tanpa adanya produk cacat yang terkirim. Agar kebutuhan konsumen bisa terpenuhi sesuai dengan permintaan, maka perlu adanya pengontrolan kualitas untuk menjamin produk yang dikirim tidak cacat. Defect atau cacat pada suatu produk memang tidak bisa di hindarkan, tetapi defect tersebut dapat dikontrol dan diminimalisir. Terdapat defect tire Foreign Material Inside (FMIS) Dusting yang cukup tinggi sejak bulan Maret 2021 - Februari 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab FMIS Dusting dan memberikan usulan perbaikan terhadap defect FMIS Dusting. Untuk menangani masalah yang terjadi di perusahaan tersebut penulis akan melakukan analisa pengendalian kualitas tire passenger pada proses mixing menggunakan metode quality control circel dan logic tree analysis studi kasus di PT Bridgestone Tire Indonesia. Sehingga didapatkan hasil bahwa penyebab terjadinya FMIS Dusting pada tire disebabkan oleh empat faktor yaitu Man, Material, Mesin dan Metode. Dari keempat faktor tersebut faktor Man merupakan faktor yang paling dominan menyebabkan FMIS Dusting pada tire. Usulan perbaikan yang diberikan adalah dengan membuat visual standar pembauatan dusting, install steam tanki dusting dan modifikasi tanggul peniris di mesin Banbury. Secara persentase rata-rata defect FMIS Dusting setelah dilakukan perbaikan mencapai angka dari 0,50% menjadi 0,20% atau turun 0,30% dari target 0,27%.
Kata Kunci: Quality Control Circel, Logic Tree Analysis, FMIS dusting, PT Bridgestone Tire Indonesia,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:54 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:54 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2651 |