Novianti, Rizka (2022) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Pecahan Pada Pembelajarn Matematika Kelas IV SDN Darawolong I. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Download (469kB)
![2. ABSTRAK_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Download (401kB)
![3. DAFTAR ISI_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Download (412kB)
![4. BAB I_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Download (457kB)
![5. BAB II_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB)
![6. BAB III_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Download (471kB)
![7. BAB IV_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB)
![8. BAB V_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Download (393kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Download (397kB)
![10. LAMPIRAN_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220059_18416286206089_Rizka Novianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (996kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika dan banyaknya kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam penyelesaian soal matematika salah satunya dalam soal yang berbentuk cerita. Permasalahan yang muncul adalah mengenai apa saja faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, dimana saja letak-letak kesalahan yang siswa lakukan, dan upaya apa yang dapat guru lakukan untuk permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendesripsikan penyebab, letak kesalahan siswa, dan upaya guru dalam mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung pecahan pada pembelajaran matematika kelas IV SDN Darawolong I Kecamatan Purwasari. Prosedur yang digunakan penelitian ini adalah prosedur Newman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah subjek 17 siswa. Dan 1 guru kelas IV. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil peelitian ini menunjukkan bahwa subjek melakukan kesalahan diareakan berbagai faktor penyebab yaitu 1) siswa sering kali lupa dalam menuliskan kesimpulan dalam penulisan jawaban, 2) siswa tidak mampu melakukan operasi hitung dengan penyebut berbeda dan berpenyebut sama, 3) siswa tidak dapat menentukan rumus pecahan, dan 4) kesulitan memahami masalah dalam soal. sehingga terjadi kesalahan yang terletak pada aspek penulisan jawaban, aspek keterampilan proses, aspek tranformasi dan aspek memahami masalah. Untuk itu guru dapat ix berupaya untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pada penyelesaian soal cerita operasi hitung dengan mencontohkan secara rinci langkah-langkah dalam menentukan diketahui, ditanyakan, rumus, cara perhitungan dan cara membuat kesimpulan. Guru melakukan pengulangan dalam menjeleskan materi hingga para siswa dapat dipastikan memahami konsep dari soal cerita dan pacahan ini, menggunakan suatu alat peraga untuk pembelajaran, memperbanyak latihan soal untuk siswa sehingga siswa memilki pengalaman dalam peneyelesaian soal. Kata kunci : Kesalahan siswa, soal cerita, matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:11 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:11 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2601 |