Nurohmah, Ade Iman (2022) Pengaruh Metode Pembelajaran Di Luar Kelas (Outdoor Study) Berbasis Demontrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas V SDN Sirnabaya II Tahun Pelajaran 2022/2023). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 1. File Judul_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Download (608kB)
![2. Abstrak_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Download (342kB)
![3. Daftar Isi_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Download (626kB)
![4. BAB I_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Download (531kB)
![5. BAB II_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (678kB)
![6. BAB III_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Download (778kB)
![7. BAB IV_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (782kB)
![8. BAB V_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Download (415kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Download (350kB)
![10. LAMPIRAN_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220033_18416286206117_Ade Iman Nurohmah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diluar kelas (outdoor study) berbasis demontrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Sirnabaya II. Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN Sirnabaya II, pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sample, sample yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD sebanyak 50 siswa terdiri dari dua kelas masing-masing berjumlah 25 siswa, yaitu 25 siswa kelas VA dan 25 siswa kelas VB. Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini, yaitu: pretes, treatment dan posttest. Pretes dilakukan dikedua kelas untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah dan sebelum pembelajaran. Setelah dilakukan pretest, peneliti memberikan perlakuan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran diluar kelas (outdoor study) di kelas eksperimen, sedangkan dikelas kontrol peneliti menggunakan metode ceramah (konvensional). Setelah diberikan perlakuan, selanjutnya peneliti melakukan posttest dikedua kelas untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pembelajaran diluar kelas (outdoor study) lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah (konvensional). Penelitian diolah menggunakan rumus normalitas, homogenitas, uji t-test, n-gain. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran diluar kelas (outdoor study) lebih baik dari pada metode ceramah (konvensional). Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Diluar Kelas (Outdoor Study)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:42 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:42 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2547 |