Rahayu, Putri Sri (2022) Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN Wancimekar I Kotabaru Tahun Pelajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. FILE JUDUL_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 1. FILE JUDUL_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. FILE JUDUL_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Download (480kB)
![2. FILE ABSTRAK_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. FILE ABSTRAK_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Download (442kB)
![3. DAFTAR ISI_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Download (393kB)
![4. BAB I_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Download (426kB)
![5. BAB II_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
![6. BAB III_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Download (509kB)
![7. BAB IV_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only
Download (519kB)
![8. BAB V_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Download (427kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Download (432kB)
![10. LAMPIRAN_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220031_18416286206128_Putri Sri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Example Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Wancimekar 1 Kotabaru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Wancimekar 1 Kotabaru berjumlah 78 siswa yang terdiri dari kelas IV A, IV B, dan IV C. Dengan mengambil sampel menggunakan simple random sampling maka didapat sampel berjumlah 52 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IV A berjumlah 26 siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C berjumlah 26 siswa yang dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebanyak 20 soal, sedangkan teknik analisis data menggunakan statisik deskriptif, perhitungan N-gain, uji normalitas, dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 37,69 dan kelas kontrol sebesar 39,04. Setelah diberikan perlakuan dan melakukan posttest bahwa hasil akhir kelas eksperimen sebesar 90,77 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 82,50. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji Independent T-Test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode Exampel Non Example berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Wancimekar 1 Kotabaru. Kata Kunci: Example Non Example, Hasil Belajar, IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:40 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:40 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2542 |