Nurhayati, Devi (2022) PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 PEBAYURAN BEKASI. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Download (639kB)
![2. ABSTRAK_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Download (434kB)
![3. DAFTAR ISI_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Download (411kB)
![4. BAB I_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 4. BAB I_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Download (440kB)
![5. BAB II_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 5. BAB II_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB)
![6. BAB III_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 6. BAB III_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Download (431kB)
![7. BAB IV_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (701kB)
![8. BAB V_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 8. BAB V_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Download (410kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Download (436kB)
![10. LAMPIRAN_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220007_17416287205002_Devi Nurhayati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengembangkan sikap tanggungjawab sosial siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Pebayuran Bekasi tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. metode penelitian pendekatan kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Informan pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan prosedur pemilihan subjek secara Purposive Sampling. Pemilihan sekelompok subjek dalam purposive sampling didasarkan atas ciri-ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan arsip hal tersebut dilakukan kepada guru maupun siswa. Dimensi sikap tanggungjawab yang sudah dilakukan oleh SMP Negeri 1 Pebayuran adalah dimensi (jujur, percaya diri dan tanggungjawab). Maka dari itu peneliti mengusulkan adanya melebihkan perhatian, pendekatan, dan edukasi kepada siswa serta peneliti mengusulkan penambahan dimensi yaitu : (disiplin, santun, dan peduli) jika dikombinasikan maka didapatkan 6 dimensi yang akan diteliti yaitu : (Jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri). Hasil yang didapatkan dengan penambahan dimensi dan usulan peneliti kepada guru dengan cara memberikan perhatian lebih, pendekatan lebih, dan edukasi lebih mendapatkan respon yang baik dari orangtua siswa dan perubahan sikap siswa yang ada di SMP Negeri 1 Pebayuran Bekasi.
Kata Kunci : disiplin, guru, jujur, percaya diri, pendidikan, ppkn, perkembangan, santun, sosial, tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 13 Jan 2025 07:02 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 08:27 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2344 |