Pengaruh Model Problem based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Adriansyah, Muhamad Ryan (2021) Pengaruh Model Problem based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 01 Judul_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
01 Judul_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 02 Abstrak_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
02 Abstrak_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 03 Daftar Isi_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
03 Daftar Isi_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 04 Bab I_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
04 Bab I_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 05 Bab II_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
05 Bab II_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of 06 Bab III_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
06 Bab III_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of 07 Bab IV_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
07 Bab IV_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of 08 Bab V_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
08 Bab V_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 09 Daftar Pustaka_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
09 Daftar Pustaka_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 10 LAMPIRAN SKRIPSI_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf] Text
10 LAMPIRAN SKRIPSI_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui Problem Based Learning di kelas IV SDN Sukaharja I. Desain pada penelitian ini menggunakan one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Sukaharja I yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 184 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas siswa IV yang berjumlah 27 siswa. Data kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan rumus uji statistik t-tes pada taraf presentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model Problem Based Learning sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS materi sumber daya dan pemanfaatannya mengalami peningkatan dengan nilai pretest 55,37 dan hasil posttest 85,56. Pada perhitungan t-test didapatkan nilai sig sebesar 0,000 yang artinya nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir siswa.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 10 Jan 2025 07:32
Last Modified: 10 Jan 2025 07:32
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2189

Actions (login required)

View Item
View Item