Adriansyah, Muhamad Ryan (2021) Pengaruh Model Problem based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.
![01 Judul_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 01 Judul_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01 Judul_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Download (576kB)
![02 Abstrak_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 02 Abstrak_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02 Abstrak_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Download (429kB)
![03 Daftar Isi_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 03 Daftar Isi_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03 Daftar Isi_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Download (422kB)
![04 Bab I_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 04 Bab I_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04 Bab I_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Download (459kB)
![05 Bab II_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 05 Bab II_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05 Bab II_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (661kB)
![06 Bab III_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 06 Bab III_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06 Bab III_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Download (491kB)
![07 Bab IV_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 07 Bab IV_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07 Bab IV_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (472kB)
![08 Bab V_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 08 Bab V_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08 Bab V_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Download (411kB)
![09 Daftar Pustaka_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 09 Daftar Pustaka_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09 Daftar Pustaka_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Download (412kB)
![10 LAMPIRAN SKRIPSI_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf [thumbnail of 10 LAMPIRAN SKRIPSI_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10 LAMPIRAN SKRIPSI_210076_17416286206009_Muhamad Ryan Adriansyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui Problem Based Learning di kelas IV SDN Sukaharja I. Desain pada penelitian ini menggunakan one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Sukaharja I yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 184 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas siswa IV yang berjumlah 27 siswa. Data kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan rumus uji statistik t-tes pada taraf presentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model Problem Based Learning sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS materi sumber daya dan pemanfaatannya mengalami peningkatan dengan nilai pretest 55,37 dan hasil posttest 85,56. Pada perhitungan t-test didapatkan nilai sig sebesar 0,000 yang artinya nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir siswa.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:32 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:32 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2189 |