Hilmi, Irpan (2021) Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus Desa Jatibaru Ciasem Subang). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. FILE JUDUL_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Download (463kB)
2. File ABSTRAK_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Download (393kB)
3. DAFTAR ISI_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Download (418kB)
4. BAB I_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Download (411kB)
5. BAB II_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (517kB)
6. BAB III_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Download (451kB)
7. BAB IV_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
8. BAB V_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Download (385kB)
9. DAFTAR PUSTAKA_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Download (428kB)
10. LAMPIRAN_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (562kB)
Abstract
Keluhan masyarakat pada saat ini terbatas oleh media sebagian masyarakat merasa sulitnya untuk menyampaikan atau melaporkan peristiwa yang terjadi diwilayah tersebut. Pengaduan keluhanpun masih sepenuhnya belum menggunakan media teknologi informasi hal ini membuat masyarakat sulit untuk memberikan saran atau menyampaikan keluhannya. Dari permasalahan tersebut penulis mengembangkan sistem informasi untuk proses pengaduan masyarakat dengan metode waterfall. Tujuan dibuatkannya sistem ini yaitu untuk membuat website desa jatibaru, membuat website pengaduan bagi masyarakat, sehingga keluhan yang ada dimasyarakat bisa tersampaikan dengan baik melalui website pengaduan, masyarakat dapat melihat kembali pengaduan untuk mengetahui apakah pengaduan sudah diproses atau belum. Pengembangan sistem menggunakan bahasa pemograman PHP dan HTML. Hasil akhir dari penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi pengaduan masyarakat supaya aspirasi dari masyarakat tersampaikan dengan baik untuk pemerintah desa, semua pengaduan akan dibahas oleh aparatur desa untuk meminimalisir pengaduan dari masyarakat dan dengan adanya sistem ini juga dapat membantu memonitoring pengaduan yang disampaikan masyarakat.
Kata kunci: Pengaduan Masyarakat, Keluhan, Sistem informasi
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
| Depositing User: | Repository UBP Karawang |
| Date Deposited: | 03 Jan 2025 09:57 |
| Last Modified: | 03 Jan 2025 09:57 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1733 |
