Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus Desa Jatibaru Ciasem Subang)

Hilmi, Irpan (2021) Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web (Studi Kasus Desa Jatibaru Ciasem Subang). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
1. FILE JUDUL_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 2. File ABSTRAK_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
2. File ABSTRAK_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 4. BAB I_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
4. BAB I_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 5. BAB II_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
5. BAB II_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[thumbnail of 6. BAB III_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
6. BAB III_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
7. BAB IV_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 8. BAB V_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
8. BAB V_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf] Text
10. LAMPIRAN_210006_17416257201048_Irpan Hilmi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)

Abstract

Keluhan masyarakat pada saat ini terbatas oleh media sebagian masyarakat merasa sulitnya untuk menyampaikan atau melaporkan peristiwa yang terjadi diwilayah tersebut. Pengaduan keluhanpun masih sepenuhnya belum menggunakan media teknologi informasi hal ini membuat masyarakat sulit untuk memberikan saran atau menyampaikan keluhannya. Dari permasalahan tersebut penulis mengembangkan sistem informasi untuk proses pengaduan masyarakat dengan metode waterfall. Tujuan dibuatkannya sistem ini yaitu untuk membuat website desa jatibaru, membuat website pengaduan bagi masyarakat, sehingga keluhan yang ada dimasyarakat bisa tersampaikan dengan baik melalui website pengaduan, masyarakat dapat melihat kembali pengaduan untuk mengetahui apakah pengaduan sudah diproses atau belum. Pengembangan sistem menggunakan bahasa pemograman PHP dan HTML. Hasil akhir dari penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi pengaduan masyarakat supaya aspirasi dari masyarakat tersampaikan dengan baik untuk pemerintah desa, semua pengaduan akan dibahas oleh aparatur desa untuk meminimalisir pengaduan dari masyarakat dan dengan adanya sistem ini juga dapat membantu memonitoring pengaduan yang disampaikan masyarakat.

Kata kunci: Pengaduan Masyarakat, Keluhan, Sistem informasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 03 Jan 2025 09:57
Last Modified: 03 Jan 2025 09:57
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item
View Item