Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Siswa Kelas IV (Studi Kualitatif Deskriptif pada Siswa SDN Duren 3 Kecamatan Klari Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2020/2021)

Listiani, Leni (2020) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Siswa Kelas IV (Studi Kualitatif Deskriptif pada Siswa SDN Duren 3 Kecamatan Klari Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. Halaman Judul_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
1. Halaman Judul_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf

Download (610kB)
[thumbnail of 2. Abstrak_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
2. Abstrak_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 3. Daftar isi_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
3. Daftar isi_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
4. BAB_I_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf

Download (446kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
5. BAB_II_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
6. BAB_III_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
7. BAB_IV_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 8. BAB_V_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
8. BAB_V_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf] Text
10. Lampiran_200049_16416286206012_Leni Listiani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual siswa sekolah dasar pada materi pecahan di kelas IV dan faktor mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes soal matematika, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Duren 3 dengan melibatkan siswa dan guru kelas IV. Subjek penelitian adalah 10 orang siswa kelas IVA dalam satu kelompok home visit. Hasil penelitian kemampuan komunikasi matematis materi pecahan kelas IVA menunjukkan, pertama subjek dengan kategori tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik pada indikator kemampuan komunikasi matematis. kedua dengan subjek kategori sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup baik. Ketiga dengan kategori kemampuan rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik harus lebih meningkatkan kemampuan pemahaman belajar serta meningkatkan kemampuan komunikasi matematisnya.

Kata kunci : Komunikasi Matematis, Masalah Kontekstual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 30 Dec 2024 09:09
Last Modified: 30 Dec 2024 09:09
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1313

Actions (login required)

View Item
View Item