Sutisna, M. Entis (2020) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tornament Terhadap Kemamouan Menulis Kata Bahasa Inggris (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Kertamulya II Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 1. File Judul_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Download (466kB)
![2. File Abstrak_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Download (435kB)
![3. DAFTAR ISI_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Download (434kB)
![4. BAB I_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 4. BAB I_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Download (449kB)
![5. BAB II_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 5. BAB II_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB)
![6. BAB III_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 6. BAB III_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Download (507kB)
![7. BAB IV_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB)
![8. BAB V_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 8. BAB V_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Download (413kB)
![8. DAFTAR PUSTAKA_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. DAFTAR PUSTAKA_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Download (417kB)
![10. Lampiran_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_200044_16416286206092_M. Entis Sutisna.pdf
Restricted to Registered users only
Download (606kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan menulis kata bahasa inggris pada siswa kelas IV SDN Kertamulya 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Kertamulya 2 yang berjumlah 117 siswa. Dengan mengambil sampel kelas IV dengan jumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan butir soal dengan 20 butir soal isian. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik deskriptif. Hasil dari uji validitas butir soal diperoleh 20 butir soal yang dinyatakan valid dari 30 butir soal. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,091. Hasil uji daya pembeda terdapat 18 butir soal yang baik dan 12 butir soal yang kurang baik. Hasil uji tingkat kesukaran terdapat 15 butir soal dengan tingkat kesukaran mudah, 11 butir soal dengan tingkat kesukaran yang sedang, dan 4 butir soal dengan tingkat kesukaran yag sulit. Nilai pretest maximum 65,00, dan nilai minimum 25,00 dengan mean 42,25, modus 25, median 42,5 dan std deviasi 12,298. Nilai postest maximum 80,00, dan nilai minimum 50,00, dengan mean 61,5, modus 50, median 60 dan std deviasi 10,650. Hasil uji normalitas nilai pretest diperoleh hasil L-hitung sebesar 0,1257 lebih kecil dari L-tabel sebesar 0,190 sehingga H0 diterima. Hasil uji normalitas nilai postest diperoleh hasil L-hitung sebesar 0,164 lebih kecil dari L-tabel sebesar 0,190 sehingga H0 diterima. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai F-hitung sebesar 1,334 lebih kecil dari nilai F-tabel sebesar 2,168 maka hasilnya homogen. Hasil uji-t nilai kemampuan menulis bahasa inggris diperoleh nilain t-hitung sebesar 12,087, sedangkan nilai t-tabel sebesar 2,093, maka Ho ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap kemampuan menulis kata bahasa inggris.
Kata kunci: Teams Games Tournament, Kemampuan Menulis Kata Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 08:10 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 08:10 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1308 |