Munawaroh, Mumun (2020) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1_File Judul_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 1_File Judul_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1_File Judul_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Download (518kB)
![2_File Abstrak_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 2_File Abstrak_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2_File Abstrak_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Download (445kB)
![3_Daftar Isi_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 3_Daftar Isi_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3_Daftar Isi_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Download (427kB)
![4_BAB I_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 4_BAB I_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4_BAB I_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Download (453kB)
![5_BAB II_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 5_BAB II_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5_BAB II_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Restricted to Registered users only
Download (528kB)
![6_BAB III_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 6_BAB III_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6_BAB III_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Download (536kB)
![7_BAB IV_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 7_BAB IV_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7_BAB IV_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB)
![8_BAB V_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 8_BAB V_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8_BAB V_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Download (419kB)
![9_Daftar Pustaka_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 9_Daftar Pustaka_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9_Daftar Pustaka_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Download (418kB)
![10_Lampiran_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf [thumbnail of 10_Lampiran_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10_Lampiran_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 45 siswa dan sampelnya adalah kelas VA yang berjumlah 15 siswa dan kelas VB yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample t Test dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA Pada pengujian Independent Sample t Test diperoleh nilai thitung=3,942 dan nilai Sig.(2-tailed) bernilai 0,000. Nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df=28 dengan taraf signifikan= 0,05 adalah 3,942. Karena nilai thitung>ttabel (3,942>2,048) dan Sig.(2-tailed) 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT), hasil belajar IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 07:55 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 07:55 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1305 |