Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelajaran 2019/2020)

Munawaroh, Mumun (2020) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1_File Judul_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
1_File Judul_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 2_File Abstrak_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
2_File Abstrak_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 3_Daftar Isi_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
3_Daftar Isi_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 4_BAB I_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
4_BAB I_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 5_BAB II_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
5_BAB II_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of 6_BAB III_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
6_BAB III_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 7_BAB IV_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
7_BAB IV_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[thumbnail of 8_BAB V_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
8_BAB V_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 9_Daftar Pustaka_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
9_Daftar Pustaka_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 10_Lampiran_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf] Text
10_Lampiran_200041_16416286206049_Mumun Munawaroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 45 siswa dan sampelnya adalah kelas VA yang berjumlah 15 siswa dan kelas VB yang berjumlah 15 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample t Test dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA Pada pengujian Independent Sample t Test diperoleh nilai thitung=3,942 dan nilai Sig.(2-tailed) bernilai 0,000. Nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df=28 dengan taraf signifikan= 0,05 adalah 3,942. Karena nilai thitung>ttabel (3,942>2,048) dan Sig.(2-tailed) 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sukatani II Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT), hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 30 Dec 2024 07:55
Last Modified: 30 Dec 2024 07:55
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item
View Item