Syavira, Nadhea Fitra (2020) Penggunaan Media Mikametri Dalam Membuktikan Rumus Volume Kerucut 1/3 Dari Volume Tabung Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas VI Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Pinayungan I Tahun Ajaran 2019/2020). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Download (406kB)
![2. ABSTRAK_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Download (434kB)
![3. DAFTAR ISI_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Download (415kB)
![4. BAB I_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 4. BAB I_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Download (442kB)
![5. BAB II_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 5. BAB II_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Restricted to Registered users only
Download (569kB)
![6. BAB III_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 6. BAB III_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Download (461kB)
![7. BAB IV_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
![8. BAB V_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 8. BAB V_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Download (414kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Download (418kB)
![10. LAMPIRAN_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_200021_16416286206015_Nadhea Fitra Syavira.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penggunaan media pembelajaran yang tidak bervariasi dalam pembelajaran matematika, membuat siswa bosan dan jenuh dalam pembelajaran sehingga siswa tidak aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung , dengan demikian menyebabkan pemahaman rumus bangun ruang siswa rendah khususnya pada materi volume kerucut. Hal ini terlihat berdasarkan hasil observasi peneliti di kelas VI SDN Pinayungan I Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020. Media pembelajaran Mikametri menjadi salah satu alternatif untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas guru, siswa dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan tes hasil belajar siswa berupa lembar kerja siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media mikametri adalah 40 % yang mencapai KKM. Setelah menggunakan media mikametri mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 90 % yang mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mikametri dapat membuktikan bahwa rumus volume kerucut 1/3 dari volume tabung dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bangun Ruang, Mikametri
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 06:41 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 06:41 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1256 |