Putri, Syifa Kamala (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Melalui Soal Open-Ended Pada Materi FPB Siswa Kelas IV SD (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDS Sartika Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 1. File Judul_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Download (541kB)
![2. File Abstrak_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Download (460kB)
![3. Daftar Isi_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Download (423kB)
![4. BAB I_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 4. BAB I_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Download (450kB)
![5. BAB II_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 5. BAB II_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (571kB)
![6. BAB III_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 6. BAB III_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Download (469kB)
![7. BAB IV_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![8. BAB V_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 8. BAB V_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Download (417kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Download (427kB)
![10. Lampiran_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_SD_200002_16416286206128_Syifa Kamala Putri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematika melalui soal open-ended, deskripsi tingkat kemampuan berpikir kreatif dan hambatan yang dialami siswa dalam berpikir kreatif matematika. Alasan penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDS Sartika, subjek yang dipilih masing-masing 2 siswa dari kategori tinggi, sedang, dan rendah yang berasal dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan berpikir kreatif mengacu pada tiga indikator dalam kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah berikut tahap reduksi, penyajian data, dan verifikasi atau membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa belum berkembang maksimal, sehingga dapat diperoleh (2) subjek pada kategori kemampuan berpikir kreatif matematika tinggi yang termasuk ke dalam TKBK 4 (sangat kreatif), (2) subjek pada kategori kemampuan berpikir kreatif matematika sedang yang termasuk ke dalam TKBK 3 (kreatif), dan (2) subjek pada kategori kemampuan berpikir kreatif matematika rendah yang termasuk ke dalam TKBK 1 (kurang kreatif) dan TKBK 0 (tidak kreatif). Secara keseluruhan untuk siswa yang berkemampuan rendah perlu dibimbing agar kemampuan berpikir kreatif dapat berkembang. Hambatan yang terjadi dalam berpikir kreatif matematika karena kebiasaan atau tradisi, waktu dan energi yang terbatas dan lingkungan yang kurang mendukung.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir kreatif Matematika, soal Open-Ended, FPB
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 06:28 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 06:28 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1235 |