Mustika, Haryanti (2020) Pengaruh Konsep Diri Akademik Terhadap Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Bekerja Di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 1. File Judul_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Download (471kB)
![2. File Abstrak_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Download (433kB)
![3. Daftar Isi_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Download (418kB)
![4. BAB_I_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Download (462kB)
![5. BAB_II_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (576kB)
![6. BAB_III_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Download (533kB)
![7. BAB_IV_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (883kB)
![8. BAB_V_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Download (420kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Download (432kB)
![10. Lampiran_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_200006_16416273201126_Haryanti Mustika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (679kB)
Abstract
Mahasiswa bekerja harus membagi waktu dan tanggung jawab terhadap komitmen dari pekerjaan dan perkuliahan, bertambahnya kegiatan cenderung mengabaikan tugas sebagai mahasiswa. Banyak dampak yang didapat sebagai mahasiswa bekerja sehingga mendukung keterampilan regulasi diri mereka untuk pembelajaran sepanjang masa. Regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) adalah proses yang melibatkan cara berpikir, perasaan, dan perilaku yang dapat memunculkan strategi untuk merencanakan, mengatur, memantau, dan melakukan evaluasi terhadap suatu aktivitas belajar yang dilakukan individu dalam pencapaian tujuan. Self regulated learning dipengaruhi oleh tiga faktor yang salah satunya adalah faktor individu. Individu yang mengetahui tentang dirinya berarti mengetahui konsep dirinya. Konsep diri akademik adalah gambaran yang dibentuk oleh individu itu sendiri terhadap berbagai persepsi dan penilaian yang diterima dalam bidang akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsep diri akademik terhadap self regulated learning pada mahasiswa bekerja di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik sampling kuota (nonprobability) dilakukan kepada 347 orang mahasiswa bekerja sebagai sampel responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier sederhana untuk memprediksi besaran nilai variabel self regulated learning (Y) yang dipengaruhi oleh variabel konsep diri akademik (X). Hasil penelitian yang ditemukan adalah terdapat pengaruh konsep diri akademik terhadap self regulated learning pada mahasiswa bekerja di Universitas Buana Perjuangan Karawang, dibuktikan dengan nilai signifikannya 0,000 < 0,05, maka hipotesis penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Diharapkan instansi sebagai wadah mahasiswa agar bisa mengadakan pelatihan guna melatih kemampuan pengelolaan diri mahasiswa di bidang akademik.menjadi lebih baik lagi.
Kata kunci: Mahasiswa Bekerja, Self Regulated Learning, Konsep Diri Akademik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 09:37 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 09:37 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/811 |