Hidayat, Sano (2020) Penggunaa Metode Poster In Instagram (Postingan Terbaik) Dalam Mata Pelajaran PPKN Untuk Membangun Karakter di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas X-IPA 5 SMA Negeri 1 Klari). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 1. COVER_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Download (71kB)
![2. ABSTRAK_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Download (467kB)
![3.DAFTAR ISI_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 3.DAFTAR ISI_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3.DAFTAR ISI_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Download (2MB)
![4. BAB I_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 4. BAB I_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Download (633kB)
![5. BAB II_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 5. BAB II_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Restricted to Registered users only
Download (749kB)
![6. BAB III_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 6. BAB III_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Download (704kB)
![7. BAB IV_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Restricted to Registered users only
Download (948kB)
![8. BAB V_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 8. BAB V_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Download (580kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Download (617kB)
![10. LAMPIRAN_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_PPKN_200014_16416287205005_Sano Hidayat.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Metode pembelajaran berbasis teknologi menjadi hal yang baru untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran khusus sosial media instagram. Kurangnya membangun karakter kreatif siswa melalui pelajaran PPKn yang menjadi mata pelajaran teori. Penelitian ini bertujuan untuk membangun karakter kreativitas siswa melalui mata pelajaran PPKn dan memanfaatkan sosial media instagram sebagai metode pembelajaran untuk kegiatan memposting hal positif dari hasil karya siswa. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan pada siswa kelas X-Ipa5 SMAN 1 Klari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskrptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan wawancara dilaksanakan kepada beberapa orang siswa dan guru PPKn X-Ipa5. Teknik analisis data pertama dilakukannya pengkodean serta pengkategorian data awal, untuk fase kedua yaitu dilakukan pengkodean dan pengkategorian data utama yang lebih spesifikasi dari data awal, ketiga interprestasi data diperoleh dalam pola-pola yang berupa tema atau konsepan, dan fase keempat adanya tindakan yang dilakukan oleh peneliti dalam penyajian data berupa data narasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sosial media instagram dijadikan sebagai metode pembelajaran berbasis teknologi serta dijadikan untuk memposting hasil dari pembuatan karya siswa pada akun sosial media instagram. Karakter kreativitas siswa dibangun pada saat pengambilan foto, membuat gambar atau perekaman video. Dengan pengumpulan tugas melalui instagram siswa antusis mencapai 75% dari 36 siswa.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Instagram, dan PPKn.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 09:34 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 09:34 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/806 |