Fazar, Rio Ahmad (2020) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn (Quasi Eksperimen Pada Kelas X Man 2 Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. FILE JUDUL_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 1. FILE JUDUL_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. FILE JUDUL_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Download (332kB)
![2.FILE ABSTRAK_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 2.FILE ABSTRAK_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2.FILE ABSTRAK_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Download (563kB)
![3. DAFTAR ISI_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Download (583kB)
![4. BAB I_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 4. BAB I_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Download (593kB)
![5.BAB II_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 5.BAB II_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5.BAB II_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (655kB)
![6.BAB III_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 6.BAB III_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6.BAB III_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Download (700kB)
![7.BAB IV_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 7.BAB IV_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7.BAB IV_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (750kB)
![8.BAB V_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 8.BAB V_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8.BAB V_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Download (570kB)
![9.DAFTAR PUSTAKA_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 9.DAFTAR PUSTAKA_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9.DAFTAR PUSTAKA_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Download (581kB)
![10.LAMPIRAN_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf [thumbnail of 10.LAMPIRAN_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10.LAMPIRAN_PPKN_200011_15416287205001_Rio Ahmad Fazar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas X Man 2 Karawang, Kecamaran Karawang Timur. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Man 2 Karawang, Kecamatan Karawang Timur, yang berjumlah 52 siswa. Dengan mengambil sampel 2 kelas, yaitu kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan 30-item instrumen pertanyaan pilihan ganda pada mata pelajaran PPKn. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik SPSS Versi 25. Hasil uji validitas instrumen pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn diperoleh 20 item yang dinyatakan valid dan 30 item diuji pada sampel sekolah lain, yaitu di kelas X IPS 1 dan X IPS 2 Nihayatul Amal Rawamerta. Hasil uji reliabilitas yang diperoleh r11 = 0,92. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan antara media audio-visual pada mata pelajaran PPKn dengan strategi konvensional. Hal ini diperoleh r hitung 0,92 ≥ r tabel 0,361 dengan signifikansi 0,05 dan n = 52 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media audio-visual pada mata pelajaran PPKn terhadap peningkatan hasil belajar siswa terdapat perbedaan dan pengaruh yang kuat.
Kata kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa, PPKn.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 09:26 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 09:26 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/773 |