Novianti, Erni (2020) Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII K SMP Negeri 1 Telagasari). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1_File Judul_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 1_File Judul_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1_File Judul_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Download (298kB)
![2_File Abstrak_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 2_File Abstrak_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2_File Abstrak_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Download (584kB)
![3_Daftar Isi_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 3_Daftar Isi_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3_Daftar Isi_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Download (560kB)
![4_BAB_I_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 4_BAB_I_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4_BAB_I_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Download (597kB)
![5_BAB_II_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 5_BAB_II_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5_BAB_II_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB)
![6_BAB_III_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 6_BAB_III_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6_BAB_III_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Download (619kB)
![7_BAB_IV_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 7_BAB_IV_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7_BAB_IV_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (724kB)
![8_BAB_V_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 8_BAB_V_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8_BAB_V_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Download (569kB)
![9_Daftar Pustaka_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 9_Daftar Pustaka_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9_Daftar Pustaka_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Download (602kB)
![10_Lampiran_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf [thumbnail of 10_Lampiran_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10_Lampiran_PPKN_200002_16416287205050_Erni Novianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (992kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kedisiplinan siswa dalam belajar dan pentingnya peran guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta siswa dari kelas VIII SMPN 1 Telagasari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber. Tahap analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data kemudian kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pertama, sebagai mediator dengan menjadi media belajar langsung bagi siswa dalam memberikan pengetahuan kedisiplinan dengan bimbingan dan arahan dalam kegiatan belajar, menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk menumbuhkan semangat belajar pada diri siswa. Kedua, sebagai pengelola kelas mengatur kelas dengan tertib, menerapkan peraturan tata tertib disiplin dalam belajar dan memberikan sanksi kepada siswa yang tidak disiplin dalam belajar. Ketiga, sebagai fasilitator menyediakan fasilitas sebagai sumber belajar yang membantu memudahkan siswa dalam kegiatan belajar, mengatur keadaan kelas dengan baik agar siswa merasa aman dan nyaman dalam kegiatan belajar. Keempat, sebagai evaluator melakukan evaluasi pembelajaran secara terus-menerus untuk melihat keberhasilan siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan disiplin belajar siswa apabila dari hasil evaluasi belajar siswa belum menunjukan keberhasilan. Rekomendasi penelitian ini bagi kepala sekolah, sebagai pembuat kebijakan diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas guru dalam melakukan perannya dengan baik. Serta selalu memperketat peraturan mengenai kedisiplinan siswa di sekolah. Bagi guru, diharapkan untuk selalu memperhatikan perilaku disiplin siswa terutama saat kegiatan belajar di dalam kelas agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan tertib. Bagi siswa, diharapkan untuk lebih meningkatkan perilaku disiplin dalam mematuhi peraturan yang ada di sekolah atau di dalam kelas saat belajar.
Kata kunci: Peran guru, PPKn, disiplin belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 09:01 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 09:01 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/722 |