Pengaruh Pendekatan Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2019-2020)

Oktavianti, Fika Nur (2019) Pengaruh Pendekatan Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Ajaran 2019-2020). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf] Text
1. File Judul_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf] Text
2. File Abstrak_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf] Text
4. BAB_I_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf] Text
5. BAB_II_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf] Text
6. BAB_III_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf] Text
7. BAB_IV_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 8. BAB_V_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf] Text
8. BAB_V_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_190107_15416286206021_Fika Nur Oktavianti.pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan inquiry learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Adiarsa Barat V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i SDN Adiarsa Barat V yang berjumlah 259 orang siswa/i. Dengan mengambil sampel seluruh siswa/i kelas IV SDN Adiarsa Barat V yaitu kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui soal PG hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini membandingkan pengaruh pendekatan inquiry learning pada hasil belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pendekatan inquiry learning. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistika uji-t Paired Samples Test. Yaitu hasil kelas eksperimen sebesar 8.718 dengan sig (2-tailed) sebesar 0.000 ≤ 0.05 dengan signifikans 0.05 dengan n= 25 yang artinya menunjukan hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan inquiry learning pada hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kls IV SDN Adiarsa Barat V memiliki hubungan yang sangat kuat.

Kata Kunci : Pendekatan Inquiry Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:16
Last Modified: 18 Dec 2024 08:16
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/705

Actions (login required)

View Item
View Item