Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Putri, Raden Agustina Trisna (2019) Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf] Text
1. File Judul_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of 2. Abstrak_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf] Text
2. Abstrak_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf] Text
4. BAB I_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf] Text
5. BAB II_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf] Text
6. BAB III_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf] Text
7. BAB IV_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf] Text
8. BAB V_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190105_15416286206060_Raden Agustina Trisna Putri.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Adiarsa Barat V Kecamatan Karawang Barat yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui soal tes pada mata pelajaran IPA. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistic korelasi product moment. Hasil dari uji validitas soal tes siswa pada mata pelajaran IPA diperoleh 20 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 30 butir instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 1,15. Hasil pengujian hipotesis, terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa. Hal ini diperoleh thitung > ttabel sebesar 0,360 dengan signifikans 0,05 dan n = 30 menunjukan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model contextual teaching and learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.

Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:14
Last Modified: 18 Dec 2024 08:14
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item
View Item