Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kualitatif Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Adiarsa Barat II Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang)

Widyawati, Fitri (2019) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kualitatif Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Adiarsa Barat II Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf] Text
1. FILE JUDUL_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf

Download (969kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 4. BAB I_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf] Text
4. BAB I_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of 5. BAB II_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf] Text
5. BAB II_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[thumbnail of 6. BAB III_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf] Text
6. BAB III_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf] Text
7. BAB IV_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[thumbnail of 8. BAB V_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf] Text
8. BAB V_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_CD_190103_15416286206012_Fitri Widyawati.pdf

Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil jawaban siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam menyelesaikan masalah. Peneliti tertarik untuk mengetahui sampai mana kemampuan pemecahan masalah siswa dan apakah siswa menerapkan tahapan-tahapan dalam menyelesaikan masalah. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V-B SD yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V-B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memperoleh gambaran yang dilakukan peneliti dengan kegiatan observasi dilapangan baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil dari penelitian ini berupa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika mempunyai 4 tahapan penyelesaian, namun hanya 3 tahapan yang kebanyakan siswa gunakan; (2) kebanyakan siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang telah dituliskan; (3) sebagian siswa tidak menyimpulkan jawaban; (4) kesulitan-kesulitan siswa dalam memecahkan masalah yaitu siswa kurang mampu memahami bahasa, mencari inti dari permasalahan, tidak hafal rumus, tidak hafal perkalian; faktor lain yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu kurang fokus dan telitinya siswa dalam membaca soal dan mengerjakan serta jika ada siswa yang kurang faham, siswa tidak berani bertanya.

Kata Kunci : Pemecahan Masalah Matematika, Matematika, Kelas V.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:13
Last Modified: 18 Dec 2024 08:13
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item
View Item