Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kutanagara I Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019)

Pransiska, Verawati (2019) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Kutanagara I Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf] Text
1. FILE JUDUL_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf] Text
4. BAB I_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf] Text
5. BAB II_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf] Text
6. BAB III_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf] Text
7. BAB IV_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf] Text
8. BAB V_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190102_15416286206036_Verawati Pransiska.pdf

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN Kutanagara I Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kutanagara I yang berjumlah 40 orang siswa. Dengan mengambil sampel 20 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan berupa tes pilihan ganda pada mata pelajaran IPA. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik. Hasil dari uji validitas diperoleh 15 butir instrumen yang diujicobakan dari 25 soal. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,856. Hasil pengujian hipotesis, terdapat hubungan yang signifikan antar pengaruh metode mind mapping dengan hasil belajar IPA. Hal ini diperoleh thitung sebesar 5,885 > tabel = 1,685 dengan signifikansi 0,05 dan n= 40 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode mind mapping dengan hasil belajar IPA memiliki hubungan yang kuat.

Kata kunci: Metode mind mapping, hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:13
Last Modified: 18 Dec 2024 08:13
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/700

Actions (login required)

View Item
View Item